Karakter, Paradigma dan Unsur Perjuangan

Karakter Organisasi KAMMI

KAMMI adalah organisasi kader (harokatut tajnid) dan organisasi pergerakan (harokatul amal).

Paradigma Gerakan KAMMI

1. KAMMI adalah Gerakan Da’wah Tauhid

  • Gerakan Da’wah Tauhid adalah gerakan pembebasan manusia dari berbagai bentuk penghambaan terhadap materi, nalar, sesama manusia dan lainnya, serta mengembalikan pada tempat yang sesungguhnya: Allah swt.
  • Gerakan Da’wah Tauhid merupakan gerakan yang menyerukan deklarasi tata peradaban kemanusiaan yang berdasar pada nilai-nilai  universal wahyu ketuhanan (Ilahiyyah) yang mewujudkan Islam sebagai rahmat semesta (rahmatan lil ‘alamin).
  • Gerakan Da’wah Tauhid adalah gerakan perjuangan berkelanjutan untuk menegakkan nilai kebaikan universal dan meruntuhkantirani kemungkaran (amar ma’ruf nahi munkar)

2. KAMMI adalah Gerakan Intelektual Profetik

  • Gerakan Intelektual Profetik adalah gerakan yang meletakkan keimanan sebagai ruh atas penjelajahan nalar akal
  • Gerakan Intelektual Profetik merupakan gerakan yangmengembalikan secara tulus dialektika wacana pada prinsip-prinsip kemanusiaan yang universal
  • Gerakan Intelektual Profetik adalah gerakan yang mempertemukan nalar akal dan nalar wahyu pada usaha perjuangan perlawanan, pembebasan, pencerahan, dan pemberdayaan manusia secara organik.
  • Gerakan Intelektual Profetik adalah gerakan pemikiran yang menjangkau realitas rakyat danterlibat dalam penyelesaian masalah rakyat.

3. KAMMI adalah Gerakan Sosial Independen

  • Gerakan Sosial Independen adalah gerakan kritis yangmenyerang sistem peradaban materialistik dan menyerukan peradaban manusia berbasis tauhid.
  • Gerakan Sosial Independen merupakan gerakan kulturalyang berdasarkan kesadaran dan kesukarelaan yang berakar pada nurani kerakyatan.
  • Gerakan Sosial Independen merupakan gerakan pembebasanyang tidak memiliki ketergantungan pada hegemoni kekuasaan politik-ekonomi yang membatasi.
  • Gerakan Sosial Independen bertujuan menegakkan nilaisosial politik yang tidak bergantung dengan institusi manapun, termasuk negara, partai maupun lembaga donor.

4.KAMMI adalah Gerakan Politik Ekstraparlementer

  • Gerakan Politik Ekstraparlementer adalah gerakan perjuangan melawan tirani dan menegakkan demokrasi yang egaliter.
  • Gerakan Politik Ekstraparlementer adalah gerakan sosial kultural dan struktural yang berorientasi pada penguatan rakyat secara sistematisdengan melakukan pemberdayaan institusi-institusi sosial/rakyat dalam mengontrol proses demokrasi formal.
  • Gerakan Ekstraparlementer berarti tidak menginduk pada institusi parlemen maupun pembentuk parlemen (partai politik dan senator). Independensi sikap politik bulat utuh tanpa intervensi partai apapun.
  • Gerakan Ekstraparlementer bergerak di luar parlemen  dan partai politik, sebagai  representasi rakyat secara independen.

Unsur-unsur Perjuangan KAMMI

Agar dakwah dapat tumbuh berkelanjutan secara seimbang, tetap berada pada orientasi yang benar, mampu mengelola amanah dan masalah, danterus memiliki kekuatan untuk mewujudkan tujuan-tujuannya, maka KAMMI menyusun dirinya di atas unsur-unsur sebagai berikut :

  1. bina al-qo’idah al-ijtima’iyah(membangun basis sosial), yaitu membangun lapisan masyarakat yang simpati dan mendukung perjuangan KAMMI yang meliputi masyarakat umum, mahasiswa, organisasi dan lembaga swadaya masyarakat, pers, tokoh, dan lain sebagainya.
  2. bina al-qo’idah al-harokiyah(membangun basis operasional), yaitu membangun lapisan kader KAMMI yang bergerak di tengah-tengah masyarakat untuk merealisasikan dan mengeksekusi tugas-tugas da’wah yang telah digariskan KAMMI.
  3. bina al-qo’idah al- fikriyah(membangun basis konsep), yaitu membangun kader pemimpin yang mampu menjadi teladan masyarakat, memiliki kualifikasi keilmuan yang tinggi sesuai bidangnya, yang menjadi guru bagi gerakan, mengislamisasikan ilmu pengetahuan pada bidangnya, dan memelopori penerapan solusi Islam terhadap berbagai segi kehidupan manusia.
  4. bina’ al-qo’idah al-siyasiyah(membangun basis kebijakan), yaitu membangun kader ideolog, pemimpin gerakan yang menentukan arah gerakdakwah KAMMI, berdasarkan  situasi dan kondisi yang berkembang.

Keempat unsur tersebut merupakan piramida yang seimbang, harmonis dan kokoh, yang  menjamin keberlangsungan gerakan KAMMI.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s