Pemimpin dalam Perspektif Islam

Bismillah…

Didalam kehidupan ini sudah tentunya ada suatu sistem yang dijalani oleh bangsa Indonesia itu sendiri dengan adanya sistem tersebut untuk membuat negara Indonesia menjadi semakin teratur dan terkendali, suatu sistem pemerintahan diatur oleh seorang pemimpin yang sebagai Qudwah untuk bangsanya(Selayaknya).

Apa yang seharusnya pemimpin contohkan untuk bangsanya???

Mungkin itulah salah satu pertanyaan besar yang seharusnya kita cermati dengan baik dan teliti agar ketika memilih pemimpin tidak salah dan tidak saling menyalahkan.

Tetapi Rasulullah SAW merupakan sang Murobbi yang sangat luar biasa sehingga mendidik umat makkah pada zaman itu yang masih dalam jalan kejahiliyihan menjadi zaman yang terang benderang hingga ruh-ruh perjuangan masih nampak terasa di hati, pikiran, dan nafas Iman kita.

Di dalam konsep (manhaj) Islam, pemimpin merupakan hal yang sangat penting dan strategis. Ia menempati posisi tertinggi dalam bangunan masyarakat Islam. Dalam kehidupan berjama’ah, pemimpin ibarat kepala dari seluruh anggota tubuhnya. Ia memiliki peranan yang strategis dalam pengaturan pola (minhaj) dan gerakan (harakah). Kecakapannya dalam memimpin akan mengarahkan ummatnya kepada tujuan yang ingin dicapai, yaitu kejayaan dan kesejahteraan ummat dengan iringan ridho Allah.

Dalam bangunan masyarakat Islami, pemimpin berada pada posisi yang menentukan terhadap perjalanan ummatnya. Apabila sebuah jama’ah memiliki seorang pemimpin yang prima, produktif dan cakap dalam pengembangan dan pembangkitan daya juang dan kreativitas amaliyah, maka dapat dipastikan perjalanan ummatnya akan mencapai titik keberhasilan. Dan sebaliknya, manakala suatu jama’ah dipimpin oleh orang yang memiliki banyak kelemahan, baik dalam hal keilmuan, manajerial, maupun dalam hal pemahaman dan nilai tanggung jawab, serta lebih mengutamakan hawa nafsunya dalam pengambilan keputusan dan tindakan, maka dapat dipastikan, bangunan jama’ah akan mengalami kemunduran, dan bahkan mengalami kehancuran

“Dan jika Kami hendak membinasakan suatu negeri, maka Kami perintahkan kepada orang-orang yang hidup mewah (kaum elit dan konglomerat) di negeri itu (untuk menaati Allah), akan tetapi mereka melakukan kedurhakaan dalam negeri itu, maka sudah sepantasnyalah berlaku terhadapnya perkataan (ketentuan Kami), kemudian Kami hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya.” (Qs. 17 : 16)

Oleh karena itulah, Islam memandang bahwa kepemimpinan memiliki posisi yang sangat strategis dalam terwujudnya masyarakat yang berada dalam Baldatun Thoyyibatun Wa Robbun Ghofur (Qs. 34 : 15), yaitu masyarakat Islami yang dalam sistem kehidupannya menerapkan prinsip-prinsip Islam.

Demikian juga jika kita lihat dalam sejarah Islam (Tarikh Islam) mengenai pentingnya kedudukan pemimpin dalam kehidupan ummat muslim. Kita lihat dalam sejarah, ketika Rasulullah saw. wafat, maka para shahabat segera mengadakan musyawarah untuk menentukan seorang khalifah. Hingga jenazah Rasulullah pun harus tertunda penguburanya selama tiga hari. Para shahabat ketika itu lebih mementingkan terpilihnya pemimpin pengganti Rasulullah, karena kekhawatiran akan terjadinya ikhlilaf (perpecahan) di kalangan ummat muslim kala itu. Hingga akhirnya terpilihlah Abu Bakar sebagai khalifah yang pertama setelah Rasulullah saw. wafat.

Di Indonesia saat ini banyak yang bisa dilakukan agar Indonesia menjadi negeri yang didambakan tidak hanya oleh bangsanya tetapi juga dari bangsa lain karena pemimpin yang memimpin berusaha untuk hal itu sebagai upaya untuk merubah Indonesia menjadi bagian dari Firdaus. Negara ini memiliki banyak kebutuhan tidak hanya untuk merubah kekacauan sistem tetapi juga dekadensi moral, akhlaq, dan Islamiyah yang seharusnya di dukung dengan pemimpin yng memiliki criteria semangat dalam harokah, lliqo, dsb, dengan adanya ruh seperti dengan tali ukhuwah yang luar biasa, sehingga dengan adanya npemimpin yang super insyaallah akan melahirkan masyarakat yang super pula untuk menuju Indonesia yang cemerlang. Wallahu`alam

Oleh : Moch. Harry Sakti
KAMMI Ibnu Hayyan
AKA BOGOR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s