Pemuda dan Kepemimpinan

Tema : Korelasi antara masa depan Indonesia dengan pemimpin berkarakter muslim negarawan

 

Indonesia merupakan negara yang mempunyai jumlah penganut Islam terbesar didunia meskipun Indonesia bukanlah negara islam. Islam tumbuh di Indonesia dengan sangat cepat  karena adanya peran dari saudagar Arab, dan para pemuka Islam dari Arab yang menyebarkan agama Islam sampai ke Indonesia. Islam berkembang hebat dan mengalami puncak kejayaannya sehingga mampu menguasai 2/3 bagian Indonesia. Semua rakyat hidup makmur dan sejahtera pada masa itu. Namun karena adanya sebuah gerakan kolonialisme dari Negara barat sehingga kejayaan Islam pun mundur rakyat gelisah memikirkan nasib negaranya yang terjajah oleh bangsa barat.

Meskipun demikian pemuda Indonesia tetap berjuang untuk memperoleh kemerdekaan itu mereka rela mengorbankan jiwa raga mereka untuk kemakmuran dan kesejahteraan bangsa. Namun ketika direfleksikan dengan kehidupan bangsa Indonesia  saat ini sangat berbeda sekali. Sering terdengar pemuda saat ini tawuran, ricuh antar geng, mabuk-mabukan, narkoba dan masih banyak lagi tindakan-tindakan tidak bermoral yang di lakukan pemuda. Dimanakah pemuda yang selalu berpikir untuk kemajuan bangsanya, kemanakah mereka yang selalu bertindak untuk kepentingan bangsanya, bersembunyi dimanakah para pemuda yang tak pantang menyerah membela sebuah kebenaran yang hakiki.

Pemuda merupakan calon pemimpin masa depan yang mempunyai potensial tinggi untuk membentuk suatu bangsa. Kondisi generasi muda adalah parameter masa depan suatu bangsa, jika suatu bangsa mempunyai pemuda yang baik maka baiklah negaranya namun jika pemuda dalam suatu bangsa telah rusak moralnya maka rusak juga bangsanya.

Indonesia membutuhkan seorang pemuda tanggung yang mampu memulihkan keadaan bangsa Indonesia ini menjadi bangsa yang bermoral, penuh ketentraman, kesejahteraan, perdamaian, dan kerukunan disetiap golonan masyarakat. Indonesia membutuhkan seorang pemimpin yang berjiwa nasionalisme tinggi. Indonesia butuh seorang muslim negarawan. Karena Islam adalah agama yang penuh kebenaran dan dapat diaplikasikan di segala bidang. Islam mengayomi semua golongan baik muslim maupun nonmuslim. Islam juga merangkul semua golongan.  Islam adalah agama yang mengajarkan kebenaran yang hakiki untuk semua umatnnya.

Seorang muslim negarawan terlahir untuk memperbaiki arah bangsanya. Seorang muslim negarawan bergerak untuk kemajuan bangsanya. Seorang muslim negarawan mempunyi pemikiran pemikiran kritis yang berkaitan dalam permasalahan-permasalahan Islam dan bangsanya. Bangsa Indonesia sebenarnya telah terjajah oleh banyak negara dengan banyaknya barang impor yang merajai pasar di Indonesia. Banyaknya tindakan criminal yanag terjadi sering-sering ini bahkan yang sangat menyedihkan adalah sebuah pelanggaran HAM yang menyangkut perbudakan seolah-olah bangsa ini telah terjerembab ke dalam zaman jahiliah.

Politik dalam bangsa Indonesia pernah mengalami keterpurukan dalam masa Orba, dimana saat itu marak sekali terjadi korupsi, kolusi dan nepotisme serta adanya pembatasan hak berpendapat bagi pihak-phak yang menentang kebijakan kebijakan pemerintah. Masa tersebut adalah masa keterpurukan politik di Indonesia dimana kebebasan berpendapat sangat dibatasi.

Islam hadir sebagai penerang, petunjuk ke arah kebenaran. Islam memberikan setitik pencerahan menuju hidup yang lebih baik.dengan adanya semangat pemuda yang berjiwa nasionalis, penuh pemikiran kritis yang berdasar pada ketentuan-ketentuan islam akan menjadikan bangsa ini menjadi bangsa yang lebih baik lagi bangsa yang berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur. Untuk menjadi seorang muslim negarawan sangatlah tidak mudah butuh berbagai macam proses seperti kecintaan terhadap islam dan negaranya, berpandangan kritis terhadap setiap masalah yang muncul, serta mempunyai suatu bekal dalam menyusun strategi untuk melawan segala ancaman yang datang baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri, serta mempunyai kematangan pemahaman tentang ideologi bangsa dan khususnya ideologi Islam dan mampu mengaplikasikannya dalam segala bidang karena ideologi islam bersifat fleksibel dan dapat masuk ke segala bidang kehidupan.

Munculnya muslim negarawan diharapkan dapat memulihkan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang berbudaya, dan menjadi bangsa yang bermoral damai tentram dan rukun. Muslim negarawan terlahir dari pemuda, pemuda intelek yang penuh tanggung jawab, pemberani dan religius dalam beragama. Mahasiswa adalah suatu tingkat jenjang pendidikan dimana seorang pemuda sejati yang diharapkan menjadi cikal bakal pemimpin yang mampu memimpin negara ini menjadi negara yang lebih baik lagi. Semua harapan jatuh pada pemuda, khususnya para mahasiswa yang sudah mampu berpikir kritis dan mapan sehingga dengan jenjang pendidikan dan ilmu yang mereka peroleh di kampus dapat menjadi bekal lebih dalam membangun bangsa dan negara.

 

Oleh : Mawaddah Tri Rahayu
Kader KAMMI Komsat Ibnu Hayyan
*Tulisan Peserta National Leadershp Training (DM1) IPB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s