Muslim Negarawan ? Tombak Perubahan

Negara Indonesia sangat kaya akan pemimpin,tetapi banyaknya yang mengaku sebagai pemimpin di Indonesia tidak bisa membawa Indonesia ke arah yang lebih baik. Malah  semakin mengalami penurunan,banyaknya korupsi,kolusi dan nepotisme, hukum yang tidak adil dan demo dimana-mana. Tidak sesuai dengan tujuan Negara yang yang telah di cantumkan di UUD 1945 yang telah dirumuskan oleh pahlawan-pahlawan kita dahulu. Pendidikan yang matang, gelar telah ada, harta banyak dan relasi yang banyak ternyata bukan alasan dan  suatu syarat yang mutlak yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Akhlak dan iman yang kuat juga sangat berpengaruh,dengan itu yang membuat kita semakin kuat sebagai seorang pemimpin. Tidak mudah terpengaruh akan kesenangan sesaat tetapi memikirkan hal untuk ke depannya,dan juga melakukan segala yang dia kerjakan atas nama Allah.

Yang muda menjadi tombak perubahan,perubahan kearah mana? Itu adalah pertanyaan yang jawabannya ada di diri kita seorang pemuda pemudi muslim penerus bangsa ini. Apakah Indonesia akan maju berkembang atau mundur kebelakang.

Sudah lama bangsa dan umat ini merindukan para pemimpin perubahan yang memiliki idealisme dan kompetensi yang diperhitungkan. Para pemimpin yang terlahir dalam rahim gerakan Islam yang tertata rapih (quwwah al munashomat) , dan semangat keimanan yang kuat (ghiroh qawiyah) serta kompetensi yang tajam.Dengan adanya pemimpin seperti itu insya Allah dapat membuat perubahan Indonesia ke arah yang lebih baik, bukan hanya mempimpin untuk dunia tetapi tidak mengenyampingkan urusan akhirat.

            Disadari atau tidak ssat ini persentase untuk pemimpin yang berkarakter muslim negarawan itu sulit di temukan. Ada yg memang tidak tahu bahwa dirinya seperti itu tapi ada yang memang tidak ingin tahu.

            Tentu saja pemimpin yang akan di cetak dengan karakter Muslim Negarawan adalah sosok pemimpin yang mudadan berkharisma. Karena pemuda-pemudi lebih banyak memiliki kelebihan dari pada yang telah berumur misalnya adalah mempunyai fisik / tubuh  yang masih kuat dan sehat, pikiran yang selalu memunculkan ide-ide segar, ketangguhan dalam bekerja keras, memiliki idealisme keberanian yang tinggi sehingga bisa dengan berani pula mengatakan dan membela kebenaran, pemikiran-pemikiran yang segar, inovatif dll.

( MEWUJUDKAN PEMIMPIN MUDA MASA DEPAN DENGAN KARAKTER MUSLIM NEGARAWAN  )

Oleh: Try Ayulansari
Kader KAMMI Komsat Ibnu Hayyan
*Tulisan Peserta National Leadershp Training (DM1) IPB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s